jenis makanan yang berbahaya bagi perkembangan otak anak

3 Jenis Makanan Yang Berbahaya Bagi Perkembangan Otak Anak

Otak merupakan salah satu organ tubuh yang terpenting yang dimiliki semua manusia. Semakin baik perkembangannya maka semakin tinggi juga kecerdasannya, sebaliknya semakin lamban perkembangannya maka kecerdasan juga akan menurun. Hal itu juga yang pada akhirnya mendasari agar setiap orang harus mengkonsumsi makanan yang bisa mendukung perkembangan otak terutama di usia kanak-kanak. Di usia ini merupakan usia yang paling berpengaruh karena semua proses perkembangan sedang berjalan dengan cepat. Oleh karena itu para orang tua harus selalu memberikan makanan yang bisa mendukung perkembangan otak bukan makanan yang malah membuat perkembangan otak terganggu. Sebagian besar orang tentunya sudah banyak yang mengetahui jenis makanan yang baik untuk mendukung perkembangan otak. Sedangkan untuk jenis makanan yang berbahaya bagi perkembangan otak anak masih banyak orang yang belum mengetahuinya. Untuk itu juga disini saya akan memberikan informasi mengenai jenis-jenis makanan tersebut agar bisa dihindari oleh para orang tua.

Jenis Makanan Yang Berbahaya Bagi Perkembangan Otak Anak 

Untuk mengetahui jenis-jenis makanan yang dianggap bisa menghambat pertumbuhan otak anak, disini saya akan langsung saja memberikan ulasannya. Makanan tersebut diantaranya adalah :

1. Makanan Yang Memiliki Kandungan Sodium

Sodium merupakan bahan yang sering digunakan sebagai pemanis buatan dalam suatu makanan. Dilihat dari fungsinya saja sudah jelas jika makanan ini bukan merupakan makanan yang sehat. Namun sayangnya kandungan sodium malah banyak terdapat di makanan seperti jajanan anak di sekolah-sekolah dan warung-warung. Padahal makanan ini memiliki pengaruh yang sangat berbahaya pada kinerja otak anak sehingga sebagai orang tua anda harus lebih protektif lagi dalam merawat buah hati anda.

2. Makanan Yang Mengandung Lemak Trans

Saat ini ada banyak sekali jenis makanan yang memiliki kandungan lemak trans yang dianggap sebagai makanan yang lezat termasuk makanan untuk anak-anak. Padahal kandungan lemak trans tersebut memiliki pengaruh yang buruk bagi kesehatan apalagi jika dikonsumsi secara berlebihan. Kandungan lemak trans memiliki pengaruh yang sangat buruk karena bisa menyebabkan penurunan daya ingat dan konsentrasi. Jika sejak kecil anak-anak sudah mengalami permasalahan ini bagaimana dengan masa depannya?

3. Tahu

Saat mendengar makanan yang satu ini mungkin sebagian besar dari anda banyak yang merasa heran pasalnya sejak dulu tahu dikenal sebagai salah satu jenis makanan yang bergizi. Tahu terbuat dari kacang kedelai yang dipercaya memiliki kandungan protein tinggi sehingga sangat baik untuk kesehatan. Bahkan tahu juga termasuk dalam daftar makanan 4 sehat 5 sempurna yang sering dianjukan dikonsumsi oleh lembaga kesehatan. Namun tahukah anda jika dibalik itu tahu juga memiliki kandungan yang disebut dengan fitoretrogen yang merupakan kandungan yang bisa menurunkan daya ingat dan kemampuan kognitif seseorang terutama anak-anak.

Setelah mengetahui 3 jenis makanan yang berbahaya bagi perkembangan otak anak seperti di atas tentu saja mulai saat ini orang tua harus selalu berhati-hati. Anda harus selalu berusaha untuk selalu memberikan makanan yang bergizi dan tepat dan pas sehingga anak juga akan mendapatkan semua manfaat terbaik dari makanan yang dikonsumsinya.