Waspada Infeksi Saluran Kemih Bagi Ibu Hamil

Sudah menjadi kewajiban seorang ibu untuk merawat dan menjaga kandungannya dengan baik selama dirinya mengalami masa kehamilan. Hal ini berkaitan dengan ada banyak sekali gejala yang umumnya dirasakan ibu hamil pada masa kehamilannya. Salah satu gejala yang berkaitan dengan hal yang akan saya bahas kali ini adalah gejala sering ingin buang air kecil yang terjadi karena kantung kemih yang tertekan seiring dengan perubahan bentuk rahim yang semakin membesar. Ketika gejala ini dirasakan ibu hamil, maka ada baiknya ibu segera buang air kecil agar tidak menimbulkan gejala lain yang lebih berbahaya. Salah satu hal yang harus di waspadai adalah infeksi saluran kemih pada ibu hamil yang tentu saja bisa berpengaruh buruk bagi kesehatan ibu beserta janin yang dikandungnya.

Salah satu penyebab utama terjadinya infeksi saluran kemih bagi ibu hamil adalah adanya bakteri yang masuk ke dalam organ intim kewanitaan ibu hamil dan terus menuju ke atas. Jika bakteri tersebut sudah berhasil masuk tentu saja bakteri dapat dengan mudah berkembang biak dan menimbulkan berbagai gejala yang akan dirasakan ibu hamil. Selain ibu hamil menjadi sering ingin buang air kecil, pada umumnya ibu hamil yang mengalami infeksi saluran kemih juga akan merasa panas ketika buang air kecil. Jika hal ini terjadi pada ibu, tentu saja ada baiknya ibu segera melakukan pemeriksaan yang intensif untuk mencegah dampak yang lebih berbahaya dari infeksi ini.

Mengetahui akan bahaya dari infeksi saluran kemih bagi ibu hamil seperti di atas, tentu saja ibu harus bisa melakukan pencegahan secara maksimal. Pencegahan bisa dilakukan dengan cara mempelajari hal yang bisa memicu gejala ini diantaranya adalah adanya peningkatan hormon progesteron, perubahan bentuk uterus yang semakin membesar dan pergarakan urine yang semakin lamban seiring dengan perubahan hormon yang terjadi selama masa kehamilan. Jika dilihat secara umum memang semua penyebabnya merupakan kondidi kehamilan yang memang akan dialami oleh setiap wanita sehingga cara terbaik untuk mencegahnya adalah menjaga kebersihan area kewanitaan sebaik mungkin serta hindari menahan jika ibu ingin buang air kecil.

Setelah mengetahui informasi mengenai gejala kehamilan yang berkaitan dengan kantung kemih di atas tentunya bisa menjadi pembelajaran bagi para ibu hamil untuk menjalankan pola hidup sehat yang lebih baik. Sekalipun ibu terlanjur mengalami infeksi tersebut jangan khawatir karena ada langkah pengobatan medis yang bisa ibu jalani. Hal yang paling penting jadilah ibu hamil yang selalu berusaha untuk menjaga dan merawat kandungannya sebaik mungkin.