5 tahapan perkembangan anak usia 1 tahun

5 Tahapan Perkembangan Anak Usia 1 Tahun

Dalam ulasan informasi kali ini saya akan memberikan  informasi mengenai tahapan perkembangan anak usia 1 tahun yang umumnya dialami oleh mereka. Perkembangan anak usia 1 tahun juga dianggap sebagai awal perkembangan anak yang paling berkesan karena orang tua bisa menilai bagaimana anaknya bisa memulai perkembangannya dengan baik. Untuk mengetahui apa saja perkembangan yang dialaminya tersebut kebetulan dalam ulasan kali ini saya akan memberikan 5 tahapan perkembangan anak usia 1 tahun yang bisa anda kenali dari buah hati anda perkembangan tersebut diantaranya adalah :

1. Berdiri Dan Berjalan

Dimulai dari kemampuannya untuk merangkak pada usia 6 bulan kemudian perlahan anak bisa berdiri sendiri. Pada usia 1 tahun anak mulai bisa melakukannya sendiri bahkan sebagian dari mereka sudah bisa langsung berjalan meskipun masih berpegangan.

2. Memegang Kuat

Anak usia 1 tahun pada umumnya sudah bisa berpegangan kuat terhadap benda maupun terhadap orang tuanya. Kemampuan memegang pada dasarnya sudah dimilikinya sejak usia 3 bulan, dan seiring dengan perkembangannya kemampuannya juga terus meningkat.

3. Berbicara

Perkembangan anai usia 1 tahun berikutnya adalah anak akan mulai berbicara, meskipun kata-kata yang diucapkannya belum terlalu jelas. Untuk mendukung perkembangannya, banyak-banyaklah mengajak anak bercakap-cakap sehingga kemampuan bicaranya juga akan semakin pintar.

4. Mengenal Anggota Keluarga

Pada usia 1 tahun anak mulai mengenal anggota keluarganya mulai dari ayah, ibu, nenek, kakak dan adik. Selain keluarga anak tersebut juga akan mengenali orang lain yang sering bertemu dengannya bahkan setiap  hari. Sebaliknya ketika ada orang asing yang mendekatinya anak akan cenderung menangis karena sebelumnya ia tidak mengenalnya.

5. Menunjuk Apa Yang Diinginkannya

Pada usia 1 tahun anak juga sudah bisa menunjuk ke benda atau hal apapun yang membuatnya tertarik. Dengan kemampuannya ia akan berusaha untuk meraih benda tersebut sampai tercapai olehnya. Ketika ia sudah bisa menggapainya maka ia pun akan tersenyum bahagia karena telah mendapatkan apa yang diinginkannya.

Itulah beberapa tahapan perkembangan anak usia 1 tahun yang bisa anda kenali disini. Sebagai orang tentu saja anda harus mendukung pertumbuhan dan perkembangannya dengan memberikan perhatian dan kasih sayang sepenuhnya kepada buah hati anda. Dengan adanya informasi ini semoga bisa memberikan banyak manfaat untuk kita semua terutama para orang tua yang saat ini masih memiliki anak balita.