5 Kemampuan Anak Usia 6 Bulan

5 Kemampuan Anak Usia 6 Bulan

Pada umumnya usia balita merupakan usia dimana anak sedang mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang pesat. Oleh karena itu pada usia ini orang tua terutama ibu harus memberikan asupan makanan bergizi untuk memaksimalkan pertumbuhan dan perkembangannya agar berjalan maksimal. Salah satu tahapan perkembangan anak yang dianggap sebagai perkembangan yang membuat orang tua merasa bangga adalah perkembangan anak usia 6 bulan. Adapun 5 kemampuan anak usia 6 bulan yang bisa anda ketahui disini. Kemampuan anak usia 6 bulan tersebut diantaranya adalah :

1. Membalikan Posisi Badan

Pada umumnya anak usia 6 bulan sudah bisa membolak-balikan posisi badan dengan sendirinya. Anak bisa tengkurap kemudian terlentang kembali.

2. Tulang Leher Sudah Mulai Kuat

Pada saat posisi badan tengkurap anak suudah bisa mempertahankan posisi kepalanya pada posisi tegak. Selain itu ketika anak disimpan di roda atau di tempat duduk khususnya ia sudah bisa menegakan kepalanya dengan baik. Ketika melihat perkembangan yang satu ini tentu saja orang tua dibuat sangat bangga melihatnya.

3. Meraih Benda

Anak usia 6 bulan sudah bisa meraih benda yang ada di dekatnya dan membuatnya tertarik. Oleh karena itu orang tua harus berhati-hati jangan sampai menyimpan benda yang berbahaya di dekatnya karena bisa saja melukai anak anda.

4. Mampu Berekspresi

Anak usia 6 bulan pada umumnya sudah pintar mengekspresikan wajahnya sesuai dengan kondisi yang dilihatnya. Misalnya ketika anak diajak bermain ia akan tertawa, sebaliknya ketika anak ditinggal ibunya sebentar ia akan menangis jika melihatnya.

5. Berpegangan Keras

Ketika orang tua memberikan apapun kepanya misalnya makanan atau mainan, anak sudah mampu mengenggam dengan erat mainan atau makanan tersebut. Begitu juga saat kita memegang tabgannya maka iapun akan menggenggam erat tangan kita.

Itulah 5 kemampuan anak usia 6 bulan yang bisa dipelajari oleh para orang tua agar bisa menjadi gambaran pada saat melihat perkembangan anaknya. Jika pada saat anak anda menginjak usia 6 bulan belum mengalami perkembangan di atas ada baiknya konsultasikan kepada Bidan atau Dokter agar bisa mengetahui dengan pasti apa yang menjadi penyebab keterlambatannya tersebut.