3 Cara Mengatasi Anemia Pada Anak

Ada beberapa orang tua yang mengira jika penyakit anemia hanya dialami oleh orang yang sudah dewasa. Padahal hal itu tidak benar karena anak-anak juga bisa mengalami gejala anemia atau disebut juga dengan kurang darah ini. Hal yang bisa menjadi penyebab gejala anemia pada anak adalah anak mengalami kekurangan zat besi, terjadi infeksi pada bagian usus dan gejala malaria. Jika sudah mengalami beberapa penyebab di atas tentu saja anak pada akhirnya akan mengalami gejala anemia.

Sebelum mencari tahu cara mengobati anemia pada anak tentu saja ada baiknya kita mempelajari terlebih dahulu gejala yang ditunjukkan ketika anak mengalami anemia. Adapun beberapa gejala yang umumnya dialami oleh anak yang mengalami gejala anemia yaitu wajah terlihat pucat, tubuhnya selalu terlihat lemah, bola mata bagian putih terlihat menguning, dan masih banyak lagi gejala lainnya. Jika hal ini terus menerus dibiarkan tentu saja akan berbahaya bagi kesehatannya. Oleh karena itu orang tua harus segera mencari cara mengobati anemia pada anak yang dapat dilakukan melalui 3 cara di bawah ini :

1. Mengatur Pola Makan Anak Lebih Baik

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya salah satu hal yang bisa menyebabkan anemia adalah anak mengalami kekurangan zat besi. Kandungan zat besi tentu saja bisa didapatkan dari asupan makanan yang sehat dan bergizi. Oleh karena itu untuk mengobatinya orang tua harus mengatur pola makan anak lebih baik yang bisa dilakukan dengan memberikan asupan makanan agar bisa memenuhi kebutuhan zat besinya.

2. Melakukan Pemeriksaan Ke Tempat Pelayanan Kesehatan

Salah satu cara mengobati zat besi yang paling tepat tentu saja dengan memeriksakan anak ke Dokter. Jika anak sudah mendapat pelayanan dari ahli kesehatan maka penanganan yang didapatkannya juga akan tepat sampai anak tersebut benar-benar bisa kembali pulih.

3. Perhatikan Jam Istirahat Anak

Salah satu gejala yang dialami oleh anak yang terkena anemia adalah mudah lelah saat beraktifitas. Untuk itu sebagai cara mengobatinya, orang tua harus mengatur jam istirahat anak lebih baik untuk mengurangi gejalanya. Upayakan agar anak tidak terlalu banyak mengikuti kegiatan yang bisa membuatnya mudah lelah dan capek.

Melalui ke 3 cara mengobati anemia pada anak seperti di atas maka kemungkinan besar gangguan kesehatan yang satu ini bisa segera diatasi dengan baik. Jika anak sehat tentu saja orang tua akan merasa sangat bangga melihatnya.