2 Jenis Kapsul Vitamin A Untuk Balita

2 Jenis Kapsul Vitamin A Untuk Balita

Salah satu kebutuhan nutrisi vitamin penting untuk anak-anak terutama anak yang usianya masih balita adalah vitamin A. Seperti yang kita ketahui vitamin A memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan terutama kesehatan mata. Untuk itulah asupan nutrisi ini sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan mata dan meningkatkan fungsi penglihatan secara maksimal. Pemberian vitamin A untuk anak balita diberikan setiap 1 tahun dua kali yaitu pada bulan Februari dan Agustus. Adapun 2 jenis vitamin A untuk balita yang disesuaikan dengan usia balita tersebut. Jenis vitamin A untuk balita tersebut diantaranya adalah :

1. Kapsul Biru

Kapsul vitamin A yang satu ini berwarna biru dan diperuntukan bagi anak usia 6-11 bulan. Pemberiannya pun diberikan dalam jangka waktu 1 kali dalam setahun mengingat disesuaikan dengan dosisnya. Seperti yang kita ketahui anak usia di bawah 1 tahun belum bisa mendapatkan banyak asupan mengingat sistem pencernaan dalam tubuhnya juga belum bisa bekerja secara optimal. Oleh karena itu pemberian vitamin A juga harus disesuaikan dengan kebutuhan bayi untuk menghindari efek samping pada bayi.

2. Kapsul Merah

Untuk vitamin A yang berbentuk kapsul merah diperuntukan bagi anak usia 1-5 tahun. Pemberiannya juga sama dengan dosis yang sudah dijelaskan sebelumnya yaitu 2 kali dalam setahun yaitu pada bulan Februari dan bulan Agustus. Pemberian vitamin untuk anak usia balita ini memiliki dosis yang lebih tinggi mengingat anak-anak juga sudah mampu berkembang dengan baik. Selain itu mereka juga sudah bisa mengkonsumsi makanan dan minuman yang beragam.

Dengan mengetahui jenis vitamin A untuk balita seperti di atas tentunya bisa menjadi pembelajaran bagi para ibu saat akan memberikan vitamin A kepada buah hatinya. Jangan sampai ibu melewatkan pemberian vitamin ini karena sangat penting untuk kesehatan matanya. Oleh karena itu tidak heran jika pemberian kapsul vitamin A juga termasuk dalam salah satu rangkaian perawatan untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak balita. Pemberian vitamin A bisa didapatkan dari posyandu atau bisa juga dibeli di apotek terdekat. Hal yang terpenting jangan sampai pemberiannya tidak sesuai dengan dosis karena bisa menimbulkan efek samping yang berbahaya.