Dampak Positif Kecanggihan Teknologi Pada Dunia Anak

Seperti yang kita ketahui, saat ini perkembangan teknologi semakin canggih sehingga segala sesuatu bisa dilakukan lebih mudah. Salah satu cotoh perkembangan teknologi ini juga ada yang berpengaruh pada dunia anak-anak. Jika sebelumnya anak-anak banyak bermain menggunakan alat-alat tradisional yang terbuat dari bahan-bahan alam, namun saat ini anak-anak sering terlihat bermain gadgetnya masing-masing. Kondisi seperti ini tentu saja menimbulkan banyak pertanyaan terutama bagi para orang tua, apakah adanya kecanggihan teknologi tersebut berpengaruh baik kepada anak-anak atau tidak? Untuk mengetahui jawabannya saya akan mengajak anda semua untuk membahasnya disini.

Pada dasarnya setiap perubahan tentu saja akan memberikan pengaruh atau dampak positif dan negatifnya. Begitu juga dengan perubahan jenis mainan anak yang ada saat ini berbeda dengan permainan anak jaman dahulu. Hal ini juga tentu saja memberikan dampak positif dan dampak negatifnya kepada anak-anak tergantung bagaimana cara orang tua menyikapinya. Untuk dampak yang akan saya jelaskan kali ini adalah mengenai dampak positif kecanggihan teknologi pada dunia anak seperti dari mainan atau dari peralatan canggih lainnya. Adappun beberapa dampak positif tersebut diantaranyaadalah :

1. Meningkatkan Kecerdasan Otak Anak

Seperti yang kita ketahui pada umumnya sebagian besar permainan gadget menuntut pemainnya untuk berpikir keras. Dari permainan ini maka otak anak juga akan bekerja keras untuk menyelesaikan permainannya. Dari sinilah diketahui jika permainan gadget bisa meningkatkan kecerdasan otak dan kemampuan berpikir anak.

2. Menambah Pengetahuan

Selain beragam permainan yang unik dan menarik, melalui kecanggihan teknologi juga anak-anak bisa mengetahui hal apa saja yang sebelumnya tidak diketahuinya. Misalnya saat anak mendengar suatu hal yang belum pernah diketahuinya sama sekali, anak tersebut bisa langsung melakukan pencarian di internet sehingga bisa langsung mengetahui hal tersebut dengan mudah.

3. Menambah Teman

Salah satu contoh adanya kecanggihan teknologi adalah munculnya beberapa akun media sosial yang bisa mempertemukan orang-orang dengan mudah. Melalui media ini kita bisa mendapatkan banyak teman yang sebelumnya tidak kita kenal sama sekali. Bahkan disini orang-orang bisa bertemu kembali dengan orang yang sebelumnya terputus komunikasi selama bertahun-tahun misalnya teman sekolah atau teman bermain saat masih kecil.

Beberapa hal di atas merupakan contoh-contoh dampak positif dari adanya perkembangan teknologi kepada anak-anak. Agar anak anda selalu mendapatkan dampak positifnya tentu saja harus selalu ada pengwasan dari orang tuanya sehingga anak juga bisa menggunakan kecanggihan teknologi tersebut dengan baik.