Mengajarkan Sifat Baik Kepada Anak

Mengajarkan sifat baik kepada anak merupakan salah satu kewajiban yang harus dilakukan oleh para orang tua. Namun pada saat mengajarkan hal ini, orang tua juga harus sekaligus mampu memberikan contoh nyata kepada anak-anak supaya mereka juga menganggap jika hal baik tersebut benar-benar harus dilakukan mengingat orang tuanya juga selalu melakukannya. Meskipun pada dasarnya ada beberapa orang tua yang tetap merasa kesulitan saat mengajarkan sifat-sifat yang baik tersebut apalagi jika anak sudah mendapat pengaruh dari luar. Untuk mencegah terjadinya hal tersebut maka ada baiknya pengajaran ini dimulai pada saat anak masih kecil.

Adapun beberapa cara mengajarkan sifat baik kepada anak yang bisa dilakukan oleh orang tuanya. Cara tersebut diantaranya adalah :

  • Memberikan contoh perilaku yang baik.
  • Mendampingi anak ketika ia mulai mengenai lingkungan luar, sehingga anda bisa sekaligus memberitahu padanya mana hal yang baik dan yang tidak baik.
  • Tidak pernah membanding-bandingkan anak dengan anak lainnya karena bisa menimbulkan sifat iri dalam diri anak tersebut.
  • Ajarkan anak untuk selalu rendah hati di hadapan siapapun.

Jika anda sudah bisa mengajarkan sifat baik yang demikian terhadap anak anda maka anak juga akan tumbuh menjadi pribadi yang baik. Pribadi yang baik yang bisa dimiliki anak tersebut jika dilihat dari cara mendidik seperti di atas diantaranya adalah :

  • Anak akan selalu berbuat baik sebagaimana yang dilakukan orang tuanya.
  • Ketika anak sedang berada di luar lingkungan ia sudah bisa memilih jalan yang benar dan harus dilaluinya.
  • Ketika melihat orang lain melebihi dirinya, ia akan ikut bangga dengan keberhasilan orang tersebut tanpa ada rasa iri terhadapnya.
  • Pada saat anak mendapatkan kebanggaan atas perjuangannya sendiri, anak akan tetap rendah hati kepada semua orang.

Beberapa cara mengajarkan sifat baik kepada anak beserta manfaatnya di atas bisa menjadi bahan pemikiran orang tua dalam mendidik anaknya masing-masing. Sudah terbayangkan jika semua orang tua bisa melakukan hal ini tentu saja akan menjadikan generasi yang akan datang sebagai generasi yang cerdas dan bermanfaat bagi masyarakat.