Ciri-Ciri Anak Terkena Gizi Buruk

Pada saat ini ada banyak sekali anak-anak yang divonis menderita gizi buruk oleh para ahli kesehatan. Parahnya lagi sebagian besar dari anak-anak tersebut merupakan kalangan anak balita yang usianya masih sangat muda tentunya. Oleh karena itu untuk mencegah bertambahnya korban anak dari gejala ini disini anda dapat mengetahui beberapa ciri-ciri anak terkena gizi buruk yang bisa anda pelajari. Sebelum membahas kepada ciri-cirinya ada baiknya anda mengetahui terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan gizi buruk. Gizi buruk merupakan suatu kondisi dimana seseorang dinyatakan kurang mendapatkan asupan nutrisi penting untuk kesehatan. Nutrisi tersebut diantaranya adalah karbohidrat, protein, kalsium dan vitamin.

Pada umumnya setiap manusia membutuhkan asupan nutrisi setiap hari untuk memenuhi kebutuhan gizinya dengan baik terutama anak-anak. Seperti yang kita ketahui, anak-anak merupakan usia dimana seseorang sedang mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang cepat sehingga harus didorong dengan berbagai asupan untuk membantu memaksimalkan pertumbuhannya tersebut. Sebaliknya jika anak-anak tidak mendapatkan asupan nutrisi yang baik maka pertumbuhan dan perkembangannya juga akan terhambat sehingga pada akhirnya anak tersebut terkena gizi buruk. Adapun beberapa ciri-ciri anak terkena gizi buruk yang bisa anda ketahui, diantaranya :

  • anak rewel dan sering menangis
  • tubuh anak semakin hari terlihat semakin kurus
  • berat badan dan tinggi badan anak akan berada di bawah standar tahapan perkembangan anak lain seusianya
  • semakin hari tulang-tulang di seluruh bagian tubuh semakin terlihat menonjol sehingga wajah anak pun akan terlihat seperti orang tua

Jika anda memiliki anak, sanak saudara atau tetangga yang mengalami beberapa ciri-ciri anak terkena gizi buruk di atas ada baiknya segera periksakan anak tersebut ke tempat pelayanan kesehatan agar mendapatkan penanganan yang baik sebelum terlambat. Selain itu untuk pencegahan jangan lupa untuk selalu memberikan asupan makanan yang sehat dan bergizi untuk buah hati anda. Makanan yang sehat dan bergizi tidak selalu berupa makanan yang mahal mengingat ada banyak orang tua yang berdalih jika anaknya terkena gizi buruk dikarenakan faktor kemiskinan. Hal yang terpenting perhatian, rasa peduli dan kasih sayang orang tua kepada anaknya harus selalu terjaga sehingga tidak akan ada lagi anak yang terkena gejala ini.