Garakan Senam Lantai Untuk Anak

Senam lantai merupakan salah satu unsur yang terdapat dalam senam anak Indonesia yang umumnya dipelajari oleh mereka di sekolah. Beberapa gerakan senam lantai untuk anak biasanya akan mulai diajarkan pada saat anak memasuki lembaga pendidikan SD atau Sekolah Dasar. Di usia ini anak sudah bisa mengikuti berbagai gerakan dengan baik sehingga untuk melakukan gerakan senam lantai juga, guru pembimbing akan mudah memberikan cara-caranya. Untuk itulah dalam bahasan kali ini juga saya akan memberikan beberapa cara untuk melakukan gerakan-gerakan senam lantai yang bisa diikuti oleh anak-anak.

Adapun beberapa gerakan senam lantai untuk anak tersebut, diantaranya adalah :

1. Gerakan Mengguling

Gerakan mengguling dalam senam lantai dibagi menjadi 2 bagian yaitu mengguling ke depan dan mengguling ke belakang. Cara untuk melakukan gerakan mengguling yang pertama yaitu  mengguling ke depan dimulai dengan sikap jongkok kemudian lengan diluruskan ke depan dan simpan telapak tangan di atas matras. Sesudah itu barulah memulai dengan gerakan siap untuk mengguling dengan arah yang tepat. Setelah mengguling lakukan pendaratan sempurna yaitu dengan kembali jongkok serta lengan kembali diluruskan ke depan. Untuk gerakan mengguling ke belakang caranya hampir sama, hanya saja sikap menghadap di awal yang berbeda sehingga badan membelakangi matras.

2. Gerakan Sikap Lilin

Gerakan senam lantai yang satu ini disebut dengan sikap lilin karena menyerupai batang lilin yang sedang diberdirikan. Cara untuk melakukannya lebih mudah dibanding senam lantai sebelumnya yaitu dengan berbaring terlebih dahulu. Setelah itu simpan kedua tangan di samping badan serta kaki diluruskan dan dirapatkan. Jika sudah siap angkat kaki ke atas dengan bantuan dorongan dari tangan sehingga nyaris setengah badan mengacung ke atas. Sedangkan bagian tubuh lainnya mulai dari punggung tetap berbaring di matras. Jaga keseimbangan sikap tersebut sampai beberapa hitungan kemudian barulah kembali ke sikap awal.

Kedua gerakan senam lantai di atas pada umumnya merupakan gerakan senam lantai untuk anak sekolah yang sering diajarkan. Namun ada juga beberapa gerakan senam lantai lain yang juga diberikan oleh guru pembimbingnya seperti sikap kayang atau ada juga yang menyebutnya brug. Semua gerakan-gerakan senam ini termasuk dalam gerakan senam anak Indonesia yang wajib dipelajari oleh setiap anak.