Pentingnya Menjaga Pola Kesehatan Ibu Saat Hamil

Kesehatan ibu saat ia tengah mengandung memang menjadi hal paling penting untuk dijaga. Agar janin bayi yang dikandung bisa lahir dengan sehat, selamat dan aman. Lalu apa aja cara untuk menjaga pola kesehatannya?

Bisa dari segi makanan. Pola makanan yang sehat dan seimbang bisa diusahakan secara maksimal. Kesehatan ibu dari segi makanan bisa dengan memberinya asupan sayur, buah-buahan yang banyak. Berikan makanan yang secukupnya dan jauhi makanan-makanan yang berisiko untuk kandungannya. Untuk buah misalnya, apel dan jeruk bisa jadi pilihan dimana sayur-sayur dan lauk pauk ikan juga menyehatkan. Namun ada baiknya untuk berkonsultasi dulu dengan dokter pribadi terkait pola makanan karena bisa saja ada makanan tertentu yang malah alergi atau tidak cocok saat dikonsumsi sang ibu.

Selain dari segi makanan, kesehatan sang ibu hamil juga bisa dimaksimalkan lewat olahraga. Wah, olahraga untuk ibu yang tengah hamil? Tenang kok! Tidak akan membahayakan. Meski selama ini ibu hamil identik dengan istirahat penuh dan tak boleh terlibat aktivitas padat, namun olahraga ringan tentu tak ada salahnya bukan? Yang paling cocok adalah yoga khusus ibu hamil dan senam relaksasi khusus. Sudah banyak kok studio-studio dan pelatihan yang memiliki program yoga dan senam tersebut jadi sang ibu bisa langsung memilih sendiri mana yang terbaik untuknya.

Overall, Kesehatan ibu juga harus selalu mendapat pengawasan dari suami dan orang-orang terdekat. Jangan biarkan sang ibu merasa stres, terbebani atau memiliki tekanan pikiran berlebih. Biarkan ia tetap rileks dan tenang saat masa ia mengandung. Dengan semua itu, tentu keinginan memiliki janin bayi yang sehat, aman dan pada akhirnya lahir dengan selamat bisa jadi impian. Semoga!