Pengetahuan Edukasi Untuk Pasien Asma

Edukasi untuk pasien asma sangatlah diperlukan terutama bila penderita asma tersebut adalah anak-anak atau remaja yang rentan sangat berisiko saat penyakit asma itu menyerang. Lalu apa yang dimaksud Asma, definisinya dan bagaimana pengobatannya?

Asma diartikan sebagai penyakit peradangan kronis dimana ditandai dengan saluran napas yang terengah-engah dan biasanyah konstan alias berulang, adanya penyumbatan nafas sehingga terasa berat pada bagian dada, batuk, sesak nafas sampai merasa pusing. Penyebab asma sendiri bisa bermacam-macam dari mulai faktor genetika warisan orangtua sampai faktor lingkungan. Kebanyakan anak-anak mewarisi faktor genetis dari orangtuanya namun adapula yang menderita asma lantaran terkontaminasi lingkungan yang tidak sehat dan tidak terawat seperti lingkungan penuh kepungan asap, debu, air yang tidak bersih dan memang benar-benar kotor. Untuk itulah diperlukan edukasi untuk pasien asma secara efektif agar sang penderita bisa menangani penyakit ini dengan pengobatan dan cara pertolongan pertama yang maksimal.

Obat yang digunakan untuk pertolongan pertama adalah obat pelega nafas cepat yang sekarang ini tersedia untuk dewasa juga anak-anak. Selain itu ada pula obat pengendali jangka panjang bagi pasien asma yang menderita penyakit ini dalam tingkatan lebih lanjut.

Meski tergolong bukan penyakit berbahaya, penyakit asma tentu harus tetap diwaspadai dan dicegah agar tak masuk dalam tingkatan yang lebih lanjut. Edukasi untuk pasien asma sangatlah diperlukan terutama bila penderitanya masih belum mengetahui definisi, pengobatan dan segala hal meliputi penyakit asma.